Suluk Lintang Lanang

Pikiran itu sampah. Ini penampungannya.

Selamat datang

Jika anda mencari sesuatu di sini, percayalah, anda takkan menemukan apa-apa.

Tentang Penulis

Setyo A. Saputro. Lahir dan besar di Karanganyar. Saat ini menjadi pekerja media di sebuah portal berita nasional.

Like a Rollercoaster

11 September 2001. Dua armada United Airlines menggempur menara WTC. 3000 nyawa melayang tiada. Selanjutnya, hanya tersisa airmata dan bunga duka. The Great Disruption, istilah Francis Fukuyama - kekacauan, chaos, longsor akbar yang mengubah segala sesuatunya.

Titik balik adalah kutukan abadi. Menyerang semua pribadi. Tak hanya berlaku bagi Amerika (dengan 11/9-nya). Seperti halnya rollercoaster, yang kadang di atas kadang di bawah. Begitulah hidup. ‘Roda itu berputar.. Kalau berdering itu namanya HP..’, seorang kakek tua berkhotbah di sunyi mushola. Begitulah. Atas - Bawah. Hitam - Putih. Hidup – Mati. Dualisme yang tak henti-henti. Yin Yang. Keseimbangan. Yang kadang dijembatani The Great Disruption tadi. Bencana besar yang sanggup mengubah sesuatu yang awalnya berwarna menjadi sesuatu yang cuma sephia. Yang mulanya tawa-tawa tiba-tiba menjadi hampa. Yang membuat hari ini dan kemarin tak lagi sama.

Yang kuatlah yang akhirnya bertahan’, kata Darwin. Karena itu kita musti selalu siap dengan evolusi. Bahkan sekali-kali; revolusi.Bagaimana biar tak kalah? Biar tak mati dengan berdarah-darah?’. Mimikri, iritabilita, oportunisme, berdoa, banyak jawabannya. Tinggal cari mana yang kita bisa.

Menjadi mati itu gampang..’, kata seorang komandan perang. Beretta 92FS terselip di pinggang. Begitulah. Tinggal beli racun tikus, tenggak, tak sampai 3 detik nyawa pasti bergolak. Atau kalau mau sedikit lebih irit, cari mall terdekat. Naik ke lantai tertinggi, bungee jumping tanpa tali. Dijamin; pasti mati. Tapi selesaikah? Tidak!! Kenapa? ’Masalahnya bukan bagaimana cara untuk mati.. tapi bagaimana cara untuk hidup...’, sepenggal kalimat dari rahim akal sehat.


***



Utan Kayu, 18 April 2010
('Life is a rollercoaster just gotta ride it...', speaker tua bersuara lagu entah siapa. Ronan Keating kayaknya..)

0 komentar:

Posting Komentar