Suluk Lintang Lanang

Pikiran itu sampah. Ini penampungannya.

Selamat datang

Jika anda mencari sesuatu di sini, percayalah, anda takkan menemukan apa-apa.

Tentang Penulis

Setyo A. Saputro. Lahir dan besar di Karanganyar. Saat ini menjadi pekerja media di sebuah portal berita nasional.

Teater Sopo (Ngamen) 4 Festamasio

Banyak jalan menuju Roma. Pepatah purba inilah yang sedang diimani para pegiat Teater Sopo. Dalam rangka penggalangan dana terkait keikutsertaan di ajang Festival Teater Mahasiswa Nasional (Festamasio) IV di Jakarta, Teater Sopo melakukan acara ngamen bersama pada Rabu (14/1) di Boulevard Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Festamasio adalah kegiatan temu karya dan silaturahmi kelompok teater kampus di Indonesia, yang digelar sebagai wujud eksistensi dan kontribusi teater kampus dalam perkembangan seni teater di Indonesia. Kegiatan yang diadakan setiap dua tahun sekali ini pertama kalinya diselenggarakan pada 2001 di Samarinda, Kalimantan Timur. Kemudian selanjutnya Festamasio II digelar di Makassar, Sulawesi Selatan. Sementara Festamasio III diadakan pada 2005 di Yogyakarta. Dalam gelaran yang difasilitasi oleh Teater Gadjah Mada UGM tersebut, Teater Sopo berhasil meraih penghargaan MANAGEMEN PRODUKSI TERBAIK.

Dan setelah melalui tahap seleksi dari 42 calon peserta Festamasio IV, Teater Sopo berhasil lolos tahap kuratorial yang terdiri dari kurasi video dokumentasi dan naskah pementasan. Hal tersebut berarti Teater Sopo menjadi salah satu dari 2 kelompok teater yang mewakili Jawa Tengah dalam ajang Festamasio IV pada 27 Februari - 6 Maret 2009 mendatang.

Selama kurang lebih dua jam, sekitar 15 pegiat Teater Sopo tak berhenti menyanyikan lagu dan memainkan musik untuk menghibur para pejalan dan pengendara yang melintasi Boulevard UNS. Dan hasilnya? Ternyata lumayan jauh dari kata mengecewakan. Untuk selanjutnya, acara serupa juga akan digelar di kawasan Stadion Manahan pada Minggu (18/1) mendatang.

Acara ini sendiri sebenarnya adalah salah satu metode Teater Sopo dalam melakukan penggalangan dana. Sementara metode lainnya adalah dengan cara menjual pin, mengumpulkan serta menjual barang-barang bekas, dan; tentu saja; mencari dukungan dari pihak sponsor.

8 komentar:

  1. nanoq da kansas mengatakan...
     

    teringat 10 tahun lalu, aku dengan kawan2 di Bali Eksperimental Teater jualan makanan keliling untuk bisa main di Gedung Kesenian Solo (GKJT). Salam semangat dan doa untuk Teater SOPO!

  2. Sang Lintang Lanang mengatakan...
     

    @ nanoq da kansas:
    terima kasih mas... salam untuk temen2 Bali Eksperimental Teater...

  3. all about my mind mengatakan...
     

    nuwun sewu...
    aq dari teater SiAnak FISIP UNSOED,
    salam kenal aja lhah...
    aq Tino.

  4. chokichim mengatakan...
     

    yoi...mahasiswa sebagai anak muda bangsa terus berkarya...

  5. Doa di Putik Kamboja mengatakan...
     

    moga-moga dapat sangu banyak. sori g bisa nyumbang. cuma urun ucapan mg2 temen-temen T. Sopo sukses besuk. minta sumbangan komunitas panggung lak wis? hehe,...

  6. Sang Lintang Lanang mengatakan...
     

    @ all about my mind:
    salam kenal mas Tino.. si AJI masih aktif di Sianak-kah?? salam aja buat semua...

    @ chokicim:
    ya3..

    @doa di putik kamboja:
    oke3... komunitas panggung? ide bagus kayaknya.. :)

  7. all about my mind mengatakan...
     

    upppzzzz....
    mas Aji yg mana tuh???
    coz di SiAnak ada 2 yg pnya nam Aji.
    ow ya, tmn2 SiAnak mw pentas lhoh...
    tgl 14 maret besok di Aula FISIP-UNSOED, bawain naskahnya bang Putu Wijaya yang "NOL".
    nonton yaaahh.....

  8. Sang Lintang Lanang mengatakan...
     

    wah, tgl 14 maret ya.. nanti saya sebar luaskan infonya.. cuma ga tau, pada bisa dateng ga.. soalnya ni masih pada di jakarta..

    aji yang jurusan sosiologi angkatan 2002.. dah luluskah?

Posting Komentar